belajar tekstil

Icon

Berbagi dan belajar bersama mengenai tekstil dan mode…

Getting in 2011

(Agak sedikit telat nih update-nya…udah bulan Maret baru ngomongin soal trend taun ini :D…gpp-lah daripada nggak sama sekali )

Sekilas mengenai fashion behavior/trend dunia saat ini yang sudah mulai berkiblat pada fashion yang ramah lingkungan. Konsumen diarahkan untuk membeli lebih sedikit item tapi justru dituntut untuk menyediakan budget lebih banyak. Dengan kata lain konsumen diharapakan untuk lebih memperhatikan kualitas pakaian dalam membeli. Konsumen diharapkan membeli pakaian dengan kualitas yang jauh lebih baik yang tentunya didapat dengan harga yang juga lebih mahal, dengan begitu jumlah item yang dibeli tidak akan sebanyak jika membeli barang berkualitas rendah. Namun di sisi lain pakaian yang berkualitas baik akan lebih awet, sehingga perilaku konsumerisme diharapkan dapat berkurang. Hal ini bertujuan untuk membantu mengurangi polusi global yang terjadi selama proses produksi dan distribusi.

Untuk trend warna dan gaya, tentunya awal tahun 2011 ini akan diisi oleh koleksi-koleksi yang lebih ringan, cerah dan seksi dibandingkan trend pada penghujung tahun lalu. Lihat saja beberapa key look untuk Spring/Summer 2011 berikut ini.

70’s Glamour
Gaya 70an yang terkesan glamor dan terkini akan kembali mengisi trend tahun ini, seperti gaya 50an dan 60an yang sempat berjaya kembali di tahun-tahun yang lalu.

Ada dua tips berpakaian glamor ala 70an, yang pertama yaitu panduan untuk siang hari:

  • Terlihat bersih dan juga sekaligus produktif.
  • Celana panjang di atas pinggul (High waisted wide-leg pants) atau lebar di bagian bawah (flares), terlihat smart dengan ikat pinggang.
  • Blouse berlengan rapi, khususnya dengan lengan yang bergelombang. Bahan yang bagus khususnya adalah sutera dan satin.
  • Sweater dengan leher tinggi dipadankan dengan celana panjang atau rok. Ditambah lagi dengan sentuhan 70an berupa kalung manik-manik yang ramai atau vest.
  • Untuk penampilan yang lebih berani, sepasang hot pants adalah item 70an yang otentik.
  • Sebuah jumpsuit bermotif juga merupakan alternatif yang keren.

Berikutnya panduan untuk malam hari:

  • Pada malam hari berubah menjadi socialite dengan busana berbahan mengkilap yang seolah berkata ‘look at me’ dan potongan yang ketat melilit tubuh atau sensual jatuh ke badan.
  • Pilihlah material berkilap yang terinspirasi oleh disko 70an, seperti lurex atau sutera; apa saja dengan benang metalik.
  • Tambahkan leher yang berlipit di bawah blazer brokat atau jaket tuxedo, dipadankan dengan celana panjang yang slim.
  • Gaun sutera, panjang, yang menggantung, leher rendah atau belahan pada dress juga merupakan ciri khas gaya 70an.

Biker Clothing (Ala Pembalap)
Gaya ala pembalap pun menjadi trend yang akan disukai tahun ini. Seperti gaya tentara di tahun-tahun sebelumnya yang cukup trend dan bahkan dipadukan dengan sentuhan feminin. Tahun ini military trend sudah mulai memudar dan akan segera digantikan dengan biker chic. Serupa dengan gaya military yang khas dengan jaketnya, biker chic juga mengandalkan padanan jaket yang memang identik dengan gaya pembalap formula one. Banyak potongan dan jahitan pada badan jaket ala pembalap ini yang menimbulkan kesan maskulin. Namun sentuhan feminin tentunya tetap diperhatikan dengan memberi sentuhan warna silver, ataupun warna-warna feminin. Bahkan eksplorasi bahan seperti kulit tetap tampil dengan warna cerah. Tampil maskulin tidak harus berwarna gelap dan sangar kok!πŸ˜‰

Punk
Istilah Punk selalu identik dengan pemberontakan dan kontroversi. Dan dianggap sebagai sesuatu yang mengejutkan atau di luar perkiraan. Namun punk yang diadopsi di tahun ini merupakan gabungan punk dengan style lain yang juga sedang trend. Misalnya menggabungkan sesuatu yang begitu feminin dengan sentuhan punk-rock. Unsur metal seperti aplikasi stud dan peniti tetap menjadi ciri khas punk yang kental.


60s Ladylike

Filed under: Fashion Trend, , , , , , , , , , , , ,

2 Responses

  1. tutinonka says:

    Hm … mode bajunya keren-keren, tapi saya nggak bisa pake, secara yang pantes pake cuma yang badannya bak peragawati, sementara badan saya bak peragakasur … hehehe …

    • waduh, brarti saya jg nggak bisa pake donk ya…hehehe…
      yang penting tinggal mix & match saja kok bu tuti…pe-de saja! be yourself (udah lama nggak denger pepatah ini)πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: