belajar tekstil

Icon

Berbagi dan belajar bersama mengenai tekstil dan mode…

Melihat Kembali Trend Fashion 2010

Flashback trend fashion 2010 yuk!

Pada tahun 2010 perekonomian dunia sedang merangkak naik kembali perlahan-lahan setelah krisis global. Pengaruhnya pada tren mode salah satunya yaitu mulai meningkatnya kualitas pakaian. Berikut ini beberapa item yang menjadi tren di 2010.

Hot pants & boy shorts
Yang ini lebih pendek daripada celana pendek, sampai menimbulkan kesan negatif (too sexy) :oops: Variasinya berupa hot pants, boy shorts, dan tap pants.

Lace clothing (Renda)
Pakaian dengan renda sudah tidak asing lagi. Tapi tahun ini sepertinya renda merupakan hal yang cukup mendominasi. Jenis renda yang mempengaruhi tren di 2010 ini lebih ke arah klasik dan antik. Kesan yang ingin ditampilkan dari renda di 2010 ini untuk kesan romantis namun tidak terlalu girly; sensual tapi tidak terlalu seronok.

60s ladylike
Dress tahun 60an kembali menjadi inspirasi di tahun 2010. Ciri khas utamanya yaitu dress ketat dengan rok mekar (lingkaran penuh) yang panjangnya di bawah lutut. Aksen kurva dan feminin begitu menonjol. Ada pula model dress seperti jam pasir yang ketat di bagian pinggul dengan panjang di bawah lutut.

Ripped jeans and torn denim trend
Denim robek-robek kembali menyerbu di tahun 2010. Kalau kita punya koleksi jeans jadul yang robek/tidak mulus lagi, bisa kita modifikasi sedikit dan bergaya lagi deh😉 Jeans dengan tambalan pun sempat menjadi tren. Jika Anda memiliki jeans yang robek memanjang (vertikal), maka bisa dimodifikasi dengan menambal bagian tersebut. Bahkan bisa menjadi lebih menarik lagi dengan jahitan berwarna kontras.

Knee high & over the knee socks (kaus kaki panjang sampai di atas lutut)
Kaus kaki panjang yang begitu tren ini dapat memberi kesan sporty dan bahkan glamour.

Stripes (Motif garis-garis)
Warna-warna nautical banyak digunakan pada motif garis-garis. Motif ini sering juga dipadu padankan dengan motif lain.

Future Warrior-military and Tribal
Mode militer sudah banyak dikenal selama ini, namun tahun 2010 tren ini lebih berkembang lagi. Gaya para raja dan prajurit jaman dahulu kala banyak mempengaruhi imajinasi fashion. Ekslporasi sejarah militer yang menimbulkan kesan modern, futuristik, liar dan garang/sangar.

High dress splits (Dress dengan belahan tinggi)
Tampil seksi tanpa harus terlalu minimalis. :mrgreen: Dress panjang semata kaki dengan belahan setinggi mungkin.

Sportswear
Terinspirasi dari sepak bola dan tenis, nuansa sport sering ditemui di fashion trend 2010.

Sci-fi and Futurism
Gaya science-fiction dan futuristik yang banyak dikedepankan oleh para fashion designer dunia seperti Karl Lagerfeld, Alexander McQueen, dan Louise Goldin. Dengan bentuk kerah tinggi dan warna-warna metalic dari foil yang banyak dipakai di setiap detailnya.

Jumpsuits and playsuits
Pakaian terusan seperti ini kembali digemari. Dimulai dari bodysuits dan leotard sampai menjadi gaya yang lebih dewasa seperti jumpsuit, playsuit dan romper (biasa juga disebut celana monyet).

Military fashion
Jika kita mengamati trend fashion tahun-tahun sebelumnya, military fashion bukanlah hal yang baru. Setelah selama dua tahun sebelumnya menjadi trend yang dominan, gaya militer lebih berkembang di tahun 2010.

Patterned & printed pants (Celana panjang bermotif)
Warna polos pada bawahan sudah terlalu membosankan. Di tahun 2010 motif bunga, garis-garis, abstrak, baik dengan warna yang kuat atau lembut mewarnai dan memberi kehangatan pada koleksi Spring.

See-through and sheer fabric trend(Trend material tembus pandang dan tipis)
Tren fashion untuk Spring dan Summer cenderung lebih terbuka, tentunya menyesuaikan hawa panas di musim ini. Kesempatan untuk show-off (pamer) 8-O agar terlihat cool dan sekaligus seksi. Bahkan trend tembus pandang ini sepertinya masih terus akan berlanjut di tahun 2011.

Boyfriend blazers
Model blazer yang sedikit kebesaran ini terlihat chic di Spring/Summer yang fresh. Lengan blazer yang digulung menambah tampilan menjadi lebih cool.

Source:
http://www.fashionising.com, http://en.wikipedia.org, http://www.fashion-era.com

Filed under: Fashion Trend, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: